Ikan punya kepribadian rumit menurut penelitian

Ikan punya kepribadian rumit menurut penelitian

Ikan-punya-kepribadian-rumit-menurut-penelitian

Ikan memiliki kepribadian individu yang kompleks, menurut penelitian yang diterbitkan oleh para peneliti di Exeter University di Inggris pada Senin (25 September).

Para ilmuwan di Exeter University di barat daya Inggris mempelajari bagaimana Trinidad gupifis berperilaku dalam berbagai situasi yang penuh tekanan dan menemukan perbedaan besar dalam reaksi mereka.

Para peneliti memeriksa strategi koping mereka dalam situasi yang seharusnya

memicu berbagai tingkat stres.

Mereka menemukan bahwa perilaku mereka tidak bisa hanya dijelaskan sebagai pengambilan risiko atau penghindaran risiko.

“Dalam lingkungan yang tidak biasa, ikan gupi memiliki strategi yang berbeda untuk menghadapi situasi yang penuh tekanan ini. Banyak yang mencoba untuk bersembunyi, yang lain mencoba untuk melarikan diri dan beberapa meneliti dengan cermat,” kata Tom Houslay dari Pusat Ekologi dan Konservasi Universitas Exeter.

“Perbedaan di antara mereka tetap konstan dari waktu ke waktu dan dalam situasi yang berbeda,” katanya seperti dikutip kantor berita AFP.

“Meskipun perilaku semua ikan Gupi berubah tergantung pada situasi

– misalnya, semua orang menjadi lebih berhati-hati dalam situasi yang lebih mendesak – perbedaan relatif antara individu tetap ada.”

Dalam satu penelitian, hasil yang diterbitkan dalam jurnal Functional Ecology, ikan gupi kecil ditempatkan secara terpisah di tangki yang tidak biasa untuk menghasilkan tingkat tekanan ringan, sementara tingkat tekanan yang lebih tinggi disebabkan oleh penambahan model burung atau ikan predator.

Menurut penelitian tentang pengenalan predator untuk membuat ikan gupi

secara keseluruhan, lebih berhati-hati, tetapi masing-masing ikan ini masih mempertahankan kepribadiannya sendiri yang berbeda. (KN)

 

Baca Juga :

Related Posts